Jumat, 10 Maret 2017

kehebatan para ulama

ulama salaf



Diriwayatkan,sesungguhnya Nabi alaihi assholatu wassalam bersabda :

“Ketika sudah terjadinya hari kiamat, ada 4 golongan yang berada di depan pintu surga yang dimana 4 golongan tersebut tidak di hisab dan di siksa”

1.      - Seorang ahli ilmu yang mengamalkan ilmunya
2.      - Seorang haji yang ketika ia sedang beribadah haji tidak melakukan hal-hal yang merusak ibadah haji
3.     - Seorang syahid (orang yang meninggal dunia di medan perang karena membela agama alloh )
Yang di bunuh ketika berperang
4.      - Seorang dermawan yang mencari harta yang halal dan menginfakkannya di jalan alloh dengan tidak diiringi sifat riya (pamer)

Tetapi mereka berselisih satu sama lainnya untuk masuk ke surga terlebih dahulu.setelah lama berselisih akhirnya Alloh SWT mengutus malaikat jibril untuk menghukumi ke 4 golongan tersebut.maka malaikat jibril bertanya untuk pertama kalinya kepada syahid.

Malaikat jibril bertanya kepada syahid “ apa yang kamu lakukan ketika di dunia dan kenapa kamu menginginkan masuk ke surge untuk yang pertama kalinya…?”
Maka syahid menjawab “ aku di bunuh di medan perang (membela agama Alloh) dengan mengharap ridho alloh

Kemudian malaikat jibril bertanya untuk yang ke 2 kalinya “ dari siapa kamu dengar tentang ganjaran (imbalan yang diberikan alloh kelak di akhirat) orang  yang meninggal karena berperang di jalan Alloh SWT ?
“Dari para ulama”.jawab syahid
“ Jagalah..tingkah laku kamu dan janganlah kamu mendahului para ulama untuk masuk ke surga terlebih dahulu ! kata malaikat jibril

Setelah menghukumi si syahid kemudian menghukumi si haji,dan si dermawan dangan pertanyaan yang sama seperti pertanyaan yang telah ditanyakan kepada si syahid.

Kemudian seorang ahli ilmu berkata(seraya berdoa memohon kepada Alloh) “wahai tuhanku aku tidak akan bisa menghasilkan ilmu kecuali dengan kedermawanan orang dermawan dan sebab kebaikan nya wahai tuhanku….

Maka Alloh SWT berfirman dalam hadits kudsi “ Benarlah perkataan seorang ahli ilmu itu.wahai ridwan (malaikat penjaga surga) bukalah pintu surga sehingga seorang dermawan masuk ke surga terlebih dahulu dan kemudian mereka semua (haji,syahid,ahli ilmu) sesudahnya.

Dalam riwayat lain seorang ahli ilmu itu masuk ke surga yang telakhir kalinya. Itu di sebabkan karena keikhlasannya dalam mengajarkan semua ilmunya.
  (Misykatul anwar)
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar